Berita  

6 Makanan Khas Aceh, Kaya Bumbu Rempah dan Punya Rasa Istimewa

6 Makanan Khas Aceh, Kaya Bumbu Rempah dan Punya Rasa Istimewa

JAKARTA, Merdekapos.id – Makanan khas Aceh merupakan salah satu menu kuliner yang wajib dicoba. Olahan masakannya nikmat dan kaya rempah-rempah dengan cita rasa khas. 

Bahkan, beberapa makanan ini populer hingga banyak ditemukan di kota-kota besar di Indonesia. Jika Anda sedang atau ingin liburan ke Aceh untuk menikmati keindahan alamnya, ada baiknya juga mencicipi ragam kulinernya.

Berikut daftar makanan khas Aceh yang dirangkum Minggu (27/3/2022):

1. Kuwah Pliek U

Makanan khas Aceh salah satunya yang populer Kuwah Pliek U. (Foto: Antara)

Makanan khas Aceh salah satunya yakni kuwah pliek u atau sering disebut sayur pliek u yang mirip seperti gulai. Masakan ini bercita rasa unik karena terbuat dari bahan dasar ampas dari sisa minyak kelapa tua yang telah melalui proses pemerasan minyak.

Selain itu, makanan ini terdiri atas daun dan buah melinjo, kacang panjang, kacang tanah, daun pepaya dan daun singkong serta rebung kecombrang.

Tak jarang, ada yang menambahkan siput sungai dan ragam sayur-sayuran seperti kacang panjang, pepaya muda dan nangka muda. Untuk memperkuat rasa, hidangan ini diberi asam sunti, belimbing wuluh yang dikeringkan usai dikukus dengan garam.

2. Mi Jalak Sabang

Mi Jalak Sabang ini merupakan masakan khas Aceh utara yang memiliki tekstur kenyal. Masakan ini disajikan bersama kaldu gurih dengan topping potongan daging, telur rebus dan juga tauge.

Editor : Donald Karouw



#Makanan #Khas #Aceh #Kaya #Bumbu #Rempah #dan #Punya #Rasa #Istimewa

Sumber : aceh.inews.id