Berita  

Gubernur Aceh Berikan Tanah dari Makam Sultan Iskandar Muda dan Air Masjid Raya ke IKN

Gubernur Aceh Berikan Tanah dari Makam Sultan Iskandar Muda dan Air Masjid Raya ke IKN

BANDA ACEH, Merdekapos.id – Gubernur Aceh Nova Iriansyah membawa tanah dan air ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim). Tanah dan air itu ternyata diambil dari tempat bersejarah di Aceh.

Tanah dan air itu dibawa langsung dari Aceh yakni tanah dari Makam Sultan Iskandar Muda dan tanah Museum Aceh serta air dari Masjid Raya Baiturrahman kemudian disatukan dengan tanah dan air yang di IKN.

“Pemerintah Aceh mengambil tanah dari komplek Museum Aceh yang menyimpan peninggalan masa Kesultanan Aceh Darussalam. Kesultanan Aceh Darussalam mengalami masa kejayaan ketika dipimpin Sultan Iskandar Muda atau Sultan Meukuta Alam pada 1607-1636 M,” kata Gubernur Aceh, Nova Iriansyahdalam, Senin (14/3/2022).

Dia menambahkan, untuk air diambil dari Masjid Raya Baiturrahman yang merupakan peninggalan Kerajaan Aceh yang menjadi simbol agama, budaya, dan perjuangan masyarakat Aceh.

Menurutnya, masjid tidak hanya menjadi pusat kegiatan keagamaan dan saksi kejayaan Kerajaan Aceh, tetapi juga pernah dijadikan markas pertahanan terhadap serangan para penjajah.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto



#Gubernur #Aceh #Berikan #Tanah #dari #Makam #Sultan #Iskandar #Muda #dan #Air #Masjid #Raya #IKN

Sumber : aceh.inews.id